MAN 4 Aceh Besar

MAN 4 Aceh Besar

MAN 4 ACEH BESAR TERIMA KUNJUNGAN KASUBDIT KESISWAAN KEMENAG RI MONEV FINALIS DUTA HARMONI 2021

MAN 4 Aceh Besar
Kunjungan Kasubdit

Bagikan

Aceh Besar, Humas – Rifka Khairuna, Siswa MAN 4 Aceh Besar Finalis 10 Besar Pejuang Moderasi Bertalenta Nasional Kementerian Agama Tahun 2021 mendapat kunjungan Kasubdit Kesiswaan Direktorat KSKK Kementerian Agama Republik Indonesia Dra. Nanik Puji Hastuti, M.Si beserta rombongan, di ruang Riset MAN 4 Aceh Besar, Rabu (29/12/2021).

Kunjungan monitoring dan evaluasi rencana tindak lanjut aksi itu hadir langsung Mentor Duta Harmoni KSKK Kemenag RI Tahun 2021 Dr. Aris Adi Leksono, M.MPd., kehadiran tim subdit kesiswaan tersebut disambut langsung oleh Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym, S.Ag., MH., Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag Aceh Drs. Nasruddin, M.Ag, dan Kasi Penmad Kankemenag Aceh Besar, Kepala MAN 4 Aceh Besar serta dewan guru MAN 4 Aceh Besar.

Forum silaturrahmi yang dipimpin oleh Ismail, S.Pd.I., M.Ag., Pendamping siswa Finalis 10 Besar Pejuang Moderasi Bertalenta Nasional Kementerian Agama Tahun 2021 tersebut berlangsung dengan penuh khidmat dan lancar.

Kepala MAN 4 Aceh Besar Hj Nuranifah, S.Ag. M.Pd menyambut hangat atas kedatangan ibu kasubdit kesiswaan beserta rombongan ke MAN 4 Aceh Besar.
“Terimakasih atas kunjungannya, kami sangat senang dan bangga ibu kasubdit datang ke madrasah kami, semoga ini awal yang baik dan kami berharap menteri agama suatu saat bisa berkunjung ke madrasah kami”, ucap Nuranifah.

Kakankemenag Aceh Besar H. Abrar Zym, S.Ag. MH dalam sambutannya juga mengatakan selamat datang di Aceh Besar.
“Selamat datang ibuk Nanik dan rombongan, terimakasih atas bimbingan untuk anak kami Rifka Khairuna sehingga terpilih di tingkat nasional, harapannya semoga ada anak-anak lain yang menembus ke ajang nasional, saat ini Aceh Besar siap bersaing dan bersanding di tingkat nasional.” Ucap Abrar.

Kasubdit Kesiswaan Kemenag RI Dra. Nanik Puji Hastuti, M.Si dalam kesempatan tersebut mengatakan
“Terkait pelaksanaan program di beberapa direktorat KSKK madrasah khususnya di kesiswaan, selain penguatan karakter untuk moderasi beragama, kita harapkan bahwa keberlangsungan dari rencana aksi atau implementasi duta moderasi yang 50 besar, dan 10 besar salah satu nya di provinsi Aceh dan di MAN 4 Aceh Besar ini mendapatkan dukungan penuh dari pemangku kebijakan mulai dari provinsi di kanwil, di kankemenag sampai ditingkat madrasah, terutama adalah transfer dari duta moderasi yang berlangsung hingga ke generasi selanjutnya”, ujar Nanik.

Selanjutnya Nanik berharap peran masyarakat memberikan dukungan kepada duta moderasi.  “Tentunya dukungan masyarakat sangat diharapkan agar peran aktif duta moderasi terus ditingkatkan inovasinya, sehingga kedepan dapat menjadi agen perubahan terutama terkait dengan karakter moderat siswa madrasah”. Ucap Nanik

Selain itu program kesiswaan tidak hanya penguatan karakter dari aspek moderasi beragama, tapi juga bagaimana siswa dapat mengimplementasikan karakter keteladanan yang harus dikembangkan karna ini merupakan sebuah tantangan kita kedepan.

“Kami harapkan bahwasanya madrasah terus mendampingi kemudian juga mendukung prestasi siswa. Tentunya madrasah harus mempunyai strategi dan pola pengembangan dari talenta dan bakat siswa untuk terus dikembangkan. Dan mengunggulkan siswanya dalam hal prestasi sehingga madrasah dapat mencetak generasi yang penuh dengan keteladanan dari siswa-siswi madrasah”. Tutur Nanik

Dalam paparannya Nanik juga mengharapkan kepada guru “Mari kita bersinergi memaksimalkan kemampuan diri kita untuk bagaimana mencetak anak didik yang berprestasi”. Sebagai madrasah unggulan riset nasional, khusus untuk MYRES kami ada yang namanya penguatan riset.

“Insya Allah tahun depan bisa kita agendakan, kita hadirkan tim MYRES perwakilan bidangnya untuk penguatan guru dan siswa. Nanik berharap kasi di kanwil bisa mengumpulkan guru dan siswa di MAN 4 Aceh Besar nantinya supaya bisa diberikan penguatan riset oleh tim yang dihadirkan”. Tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Mentor Duta Harmoni KSKK Kemenag RI Tahun 2021 Dr. Aris Adi Leksono, M.MPd., mengatakan kita sedang melaksanakan kegiatan pendampingan kepada duta harmoni, hari ini yang kita kunjungi adalah siswi MAN 4 Aceh Besar yang terpilih, yakni ananda Rifka Khairuna.

“Selamat kepada MAN 4 Aceh Besar karena siswanya terpilih sebagai duta harmoni tingkat Nasional”, ujarnya di hadapan pimpinan dan para guru MAN 4 Aceh Besar.

Aris berharap dengan pendampingan ini kita ingin memastikan bahwa semua stakeholders madrasah mulai dari Kanwil, Kankemenag,  internal madrasah untuk senantiasa mendukung lanjutan implementasi aksi duta harmoni.

Salah satu tugas utama duta harmoni adalah mendesiminasikan karakter moderasi beragama.
“Moderasi beragama ini bukan agama baru, bukan mazhab baru, dan bukan ideologi baru, tetapi bagaimana kemudian dengan bermoderasi beragama kita menumbuhkan kembali rasa persaudaraan, kebersamaan, saling menghargai di tengah masyarakat”, tandasnya.

Selanjutnya kata Aris, “Akhir-akhir ini muncul kelompok yang mudah menyalahkan orang lain, merasa paling benar, ini sesuatu hal yang menjadi tantangan kedaulatan NKRI, maka perlu diantisipasi agar kemudian di kehidupan masyarakat kita tetap harmonis. Kehadiran duta harmoni juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama bagi generasi mereka, generasi milenial yang sangat dominan mendapatkan pengetahuan melalui internet, dunia digital untuk kemudian menguatkan kembali karakter moderat ini”.

“Terakhir kami sangat mengapresiasi kepada keluarga besar MAN 4 Aceh Besar yang sudah luar biasa mendukung program duta harmoni ini oleh direktorat KSKK khususnya di kasubdit kesiswaan, kami mengapresiasi dan Terimakasih sekali atas segala dukungan nya dan  atas penyambutannya. Saya melihat semangat ibu nanik yang disambut baik oleh ibu Nuranifah seperti memiliki visi yang sama dalam mewujudkan perubahan dan pengembangan dilingkungan madrasah. Selamat kepada MAN 4 Aceh Besar semoga kedepannya lebih maju dan lebih Berprestasi lagi”, tutupnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn