MAN 4 Aceh Besar

MAN 4 Aceh Besar

Nadira Safira, Siswi MAN 4 Aceh Besar Kembali Jadi Duta Moderasi Beragama Nasional

Bagikan

Tungkob, Humas  – Nadira Safira, Siswi MAN 4 Aceh Besar, telah berhasil meraih Juara Harapan Satu dalam ajang Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2023 tingkat Nasional.

Kompetisi ini melibatkan peserta dari seluruh Indonesia, dengan Nadira Safira berhasil menonjol di antara 605 peserta lainnya.

Guru Pembimbing Siswi MAN 4 Aceh Besar, Ismail menjelaskan,  ajang Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2023 berlangsung dari bulan Maret hingga Oktober 2023. Para peserta menjalani serangkaian tahapan seleksi yang sangat ketat oleh dewan juri.

Proses kompetisi dimulai dengan pendaftaran pada Maret hingga Mei 2023, dilanjutkan dengan seleksi naskah pada bulan Mei, penilaian, dan presentasi draf rencana aksi pada Juni 2023.

Pada bulan Juli 2023, peserta mengikuti pelatihan di Tangerang, Banten. Setelah pelatihan, mereka mengimplementasikan rencana aksi pada bulan September 2023 dan mengajukan laporan hasil rencana aksi pada bulan Oktober 2023.

Kompetisi mencapai puncaknya dengan presentasi dan apresiasi/grand final pada 25 hingga 28 Oktober 2023. Nadira Safira Masuk 10 Besar dan akhirnya Keluar sebagai Juara Harapan 1 tingkat nasional.

Nadira Safira mengucapkan terima kasih kepada pembimbing, guru, kepala Madrasah, serta seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam seluruh proses kompetisi ini. 

“Terima kasih kepada guru pembimbing, guru, kepala Madrasah, dan seluruh pimpinan serta semua elemen yang telah mendukung dan membantu suksesnya pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2023. Prestasi ini saya persembahkan kepada Madrasah Seluruh Aceh,” ujarnya.

Plt Kepala MAN 4 Aceh Besar, Muhammad juga menyampaikan ucapan terima kasih atas prestasi yang diraih oleh Nadira Safira.

“Kami dengan bangga dan gembira menyambut prestasi luar biasa yang telah diraih oleh Nadira Safira, salah satu siswi terbaik dari MAN 4 Aceh Besar. Prestasi ini bukan hanya kebanggaan bagi sekolah kami, tetapi juga bagi Madrasah di Aceh”, Katanya, Selasa (31/10/2023).

Menurutnya, Ini adalah bukti kerja tim dan komitmen kami dalam membimbing para siswa untuk mencapai potensi terbaik mereka.

Prestasi ini juga mencerminkan visi dan misi MAN 4 Aceh Besar dalam mendidik generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga berperan aktif dalam mempromosikan moderasi beragama, toleransi, dan perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat, tutup muhammad

Sementara itu, Kepala Kankemenag Aceh Besar, H Salman, mengapresiasi pencapaian gemilang Nadira Safira dalam ajang ini, dan berharap prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi generasi muda Aceh Besar dalam mempromosikan moderasi beragama.

“Nadira Safira telah menunjukkan dedikasinya yang luar biasa dan kemampuan yang sangat hebat dalam mengikuti kompetisi Pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah Tahun 2023 tingkat Nasional. Keberhasilannya mencapai Juara Harapan Satu adalah bukti nyata dari kerja keras, ketekunan, dan kecintaannya pada moderasi beragama”, ujar Salman.

Lebih lanjut Salman berharap bahwa prestasi Nadira Safira dapat menginspirasi siswa lainnya di Aceh Besar dan seluruh Aceh untuk terus berusaha dan berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik, berlandaskan nilai-nilai keberagaman dan harmoni dalam beragama.

Sebagai Informasi, tahun sebelumnya tepatnya tahun 2021 Siswi MAN 4 Aceh Besar atas nama Rifka Khairuna juga meraih Juara Harapan Satu, artinya MAN 4 Aceh Besar dapat mempertahankan prestasi nasional bidang moderasi beragama. Selamat Nadira Safira.[]

Facebook
Twitter
LinkedIn

Rekomendasi Berita Lainnya